cara mengatasi anak susah makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Ortu Perlu Tahu

Cara mengatasi anak susah makan harus dilakukan dengan baik karena masa pertumbuhan anak sangat ditentukan oleh nutrisi yang dikonsumsi. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para ibu adalah anak mereka yang susah makan. Hal ini membuat para ibu bingung, dengan tidak suka makan maka anak-anak dapat kekurangan nutrisi untuk perkembangan mereka.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sejak Dini

Anak susah makan menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang tua. Mereka bahkan bingung bagaimana membuat anak suka makanan makanan yang sehat, seperti sayuran, buah, dan lain sebagainya. Berikut ini cara untuk mengatasi anak yang susah makan:

1. Mengenali permasalahan

  • Menolak makan
    Makan menjadi salah satu ketrampilan yang baru dikuasai oleh anak. Tidak heran jika pada suatu hari, anak dapat menghabiskan banyak makanan dan menolak makanan untuk hari berikutnya. Anda tidak perlu memusingkan cara makan ini karena yang terpenting adalah asupam kalorinya terpenuhi. Jadi, jika anak sering menolak makanan maka Anda harus memperhitungkan kebutuhan kalori anak, apakah sudah terpenuhi atau belum sebagai cara mengatasi anak susah makan usia 5 tahun.
  • Menolak makanan setelah kenyang
    Rasa kenyang terkadang membuat anak-anak menolak makanan. Anak-anak lebih suka ngemil daripada makan nasi atau sayuran. Apabila mereka sudah terlalu banyak ngemil, seringkali mereka akan menolak makan. Oleh sebab itu, jangan biarkan anak ngemil terlalu banyak. Biarkan anak makan nasi terlebih dahulu baru kemudian diperbolehkan ngemil.
  • Hanya memilih makanan tertentu
    Anak yang berusia di bawah tiga tahun biasanya masih belajar untuk menerima berbagai makanan padat. Anda dapat menyajikan satu jenis makanan dan memperkenalkannya pada anak. Biasanya, setelah beberapa kali disajikan, anak akan dapat menerimanya. Apabila anak sudah menerima satu jenis makanan tersebut, maka Anda dapat memperkenalkannya ke makanan lain. Jadi, penyajian satu makanan ini bertujuan agar tidak membingungkan anak dalam memilih.
  • Menolak makanan kesukaan secara tiba-tiba
    Beberapa anak menolak makanan kesukaannya secara tiba-tiba. Namun, hal ini biasanya tidak akan berlangsung lama. Meskipun demikian, Anda harus menanggapinya dengan benar. Jika tiba-tiba anak tidak suka sayuran, bukan berarti ia tidak akan suka sayuran selamanya. Anda tetap harus menawarkan sayuran pada hari atau waktu lainnya. Sementara anak menolak sayuran, Anda dapat mengganti asupannya dengan buah-buahan terlebih dahulu.
  • Hanya menyukai makanan cepat saji
    Sekarang ini, banyak anak-anak yang lebih menyukai makanan cepat saji dan anak tidak mau makan sama sekali jika tidak menggunakan makanan cepat saji. Seperti yang diketahui bahwa makanan ini tidak baik untuk kesehatan anak. Jadi jangan menyimpan makanan cepat saji di rumah seperti kentang goreng, permen, minuman bersoda dan lain sebagainya. Gantilah makanan tersebut dengan buah-buahan yang disukai oleh anak.
  • Makanan satu jenis makanan saja
    Anak yang sudah terlanjur menyukai satu jenis makanan maka mereka hanya akan memakan makanan itu saja. Anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi pada anak Anda. Ajaklah anak untuk ke supermarket untuk membeli dua sayuran yang anak suka, dua buah dan cemilan yang dia suka. Sesampainya di rumah, ajaklah anak memakannya bersama-sama. Perkenalkan anak dengan makanan lebih banyak lagi.

2. Membuat suasana makan yang menyenangkan sebagai cara mengatasi anak susah makan nasi

  • Berikan 1-2 jenis makanan saat anak makan agar anak tidak memilih makanan yang disukainya saja.
  • Mengadakan makan bersama dengan keluarga secara rutin, seperti berkunjung ke restoran atau rumah makan setiap satu minggu sekali.
  • Jauhkan dari permainan, binatang televisi dan hal-hal yang dapat mengganggu perhatian anak saat makan
  • Libatkan anak dalam pembuatan makanan.
  • Biasakan waktu makan yang konsisten pada anak agar anak mengerti kapan waktunya untuk makan sehingga tidak terlambat makan.
  • Gunakan perlengkapan makan yang menarik, seperti sendok berwarna, piring dengan gambar kartun dan lain sebagainya
  • Undang teman-temannya untuk makan bersama satu bulan sekali untuk meningkatkan nafsu makan anak.
  • Biarkan anak makan secara mandiri sehingga dia bisa lebih menikmati apa yang dimasukkannya dalam mulut.

Demikian cara mengatasi anak susah makan yang bisa dicontoh oleh para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *